Anak Anda susah BAB ? Waspada Mega Colon !

Ketika anak berusia sekitar 1,5 tahunan terdeteksi menderita penyakit Mega Colon.Apa itu Mega Colon? Menurut dokter Ivan Ishadi Sofyan,SKp mega colon adalah : penyakit yang disebabkan oleh obstruksi mekanis yang disebabkan oleh tidak adanya motilitas pada usus sehingga tidak ada evakuasi usus spontan dan tidak mampunya spinkter rectum berelaksasi.

Hirschsprung atau Mega Colon adalah penyakit yang tidak adanya sel – sel ganglion dalam rectum atau bagian rektosigmoid Colon. Dan ketidak-adaan ini menimbulkan keabnormalan atau tidak adanya peristaltik serta tidak adanya evakuasi usus spontan (Betz, Cecily & Sowden : 2000). Penyakit Hirschsprung atau Mega Kolon adalah kelainan bawaan penyebab gangguan pasase usus tersering pada neonatus, dan kebanyakan terjadi pada bayi aterm dengan 3 Kg, berat lahir lebih banyak laki – laki dari pada perempuan. (Arief Mansjoeer). Untuk lengkapnya bisa baca disini,
Aduh bingung ya arti kedokterannya, Berdasarkan pengalaman anak sendiri, mega colon hampir mirip dengan sembelit, tetapi lebih parah gitu. Anak ketahuan menderita mega colon ketika berusia sekitar 1,5 tahun, atau ketika anak mulai mengkonsumsi makanan keras selain ASI. Menurut pengalaman, tanda-tanda anak yang terkena mega colon adalah : Anak tidak bisa BAB dalam waktu lama biasanya 3-9 hari, ketika anak ingin BAB mengalami kesulitan yang luar biasa sakitnya, warna kotoran menjadi agak gelap kecoklatan.
Untuk sharing pengalaman yang lain bisa dibaca disini

Bila anak anda mengalami tanda-tanda seperti diatas waspadalah, jangan jangan anak anda terkena mega colon. Lebih baik kita mengetahui lebih dini dari pada terlambat ya nggak?
Lalu apakah mega colon bisa disembuhkan? Jawabnya bisa asal diketahui sedini mungkin. Dari yang hanya terapi obat sampai dilakukan pembedahan usus besar. Alhamdulillah anak dapat sembuh dengan terapi obat. Sebelum menentukan terapi yang pas bagi anak biasanya akan di lakukan foto rontgen, untuk mengetahui seberapa besar kelainan pada colon. Nah dokter yang cukup ahli radiologi adalah Dokter Fajar Winarto,SpRad (RS PMI Bogor).

Menurut beberapa ahli mega colon sebetulnya (dalam kondisi ringan) dapat sembuh seiring perkembangan usia anak dan kesempurnaan perkembangan organ tubuh anak itu.

Terapi untuk meringankan penyakit mega colon antara lain
-Dengan Daun Banci. Daun banci mirip daun Bayam.Yaitu daun banci dibuat sayur
-Bisa juga mengurangi takaran susu menjadi sedikit lebih encer.Atau bisa juga susu diganti susu UHT
-Memperhatikan pola makan anak.Konsumsi seimbang, sayuran yang banyak mengandung serat
-Mengkonsumsi obat-herbal.Beberapa herbal yang gunakan adalah : Pelawas, Malac, Herba Tujuh Angin, Omega 3 (semuanya produk HPA Malaysia)

Sumber:
http://www.bekalsehat.web.id/2010/02/anak-anda-susah-babwaspada-mega-colon.html

3 Comments (+add yours?)

  1. Ratih oktaviana
    Oct 25, 2011 @ 00:16:07

    perkenalkan nama saya ratih, saya punya keponakan yang mengalami HD, sudah sejak bayi memang mengalami BAB. Sekarang sudah berusia 5 tahun. Terakhir diperiksakan ke RS. Panti Rapih Jogja dia divonis menderita Hirschprung. akhir akhir ini susah sekali BAB hampir 2 minggu tidak dapat BAB. setelah baca cerita dari teman teman yang berbagi pengalaman katanya bisa dikurangi dengan terapi ” daun banci”. tetapi setelah ditanyakan ke mana2 tidak banyak yang tahu. Pernah baca di blog mas arief surahman ada gambaranya tapi kami gak yakin dengan tanaman yang kami daptkan apakah itu betul daun banci. kami mau minta alamat contact person yang dapat dihubungi untuk mendapatkan “daun banci” ini. maklum ponakan saya tinggal di Lubuk linggau Sumsel.

    Reply

  2. Abu Hubbina
    Nov 17, 2013 @ 06:42:44

    Assalamu’alaikum. Saya tinggal di Pontianak KalimantanBarat. Anak saya sejak umur 4 bulan sulit BAB sampai umur 9 bulan baru diketahui terkena Hirschsprung Disease setelah di rontgen barium enema.Sekarang saat ini anak saya berumur 5 tahun.semenjak dirawat 2 bulan yg lalu utk menaikkan HB darah anak saya BABnya malah lancar.kemudian saya periksakan anak saya ke Rumah Sakit Kuching Specialist Hospital (KPJ) di Kuching Sarawak Malaysia.Ternyata hasil dari RS KPJ Kuching anak saya di vonis Hirschsprung short segment (segmen pendek) dan rekomendasi dokter disana hanya 1 kali operasi saja.kemudian saya plg ke pontianak dan saya konsultasikan ke dokter bedah anak harus 2 kali operasi namun setelah dilihat anak saya keadaannya semakin baik maka dokter bedah anak menyarankan untuk menunda operasi dan memintan untuk menjaga pola makan anak saja.sekarang saya berencana anak saya mau saya bawa ke jakarta untuk memastikan apakah hanya 1 kali operasi saja atau seperti yg disarankan oleh mas Arif tanpa operasi jika hirschsprung short segment

    Reply

  3. Hadi Kesamben
    Mar 08, 2014 @ 19:56:34

    salam kenal,
    saya Hadi domisili di Jombang Jatim.
    sampai sekarang masi muter2,untuk mendapatkan daun banci.buat mengatasi susah BAB pada anak saya. jika berkenanan saya berharap ada yang memberi infonya
    dimana saya bisa memesan / order daun Banci tsb, buat anak saya
    terima kasih
    salam
    hadi, Jombang Jatim

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: